Membangun Personal Branding di Dunia Digital

dotcomforme Branding 0 Comments

Membangun personal branding merupakan usaha positif untuk memaksimalkan eksistensi online para pengguna media digital. Pada personal branding, diri setiap pribadi akan diberlakukan selayaknya sebuah produk yang perlu diperhatikan segala aspeknya demi menciptakan citra yang positif. Oleh karena itu, tidak jarang orang membangun personal branding untuk mendukung kesuksesan dalam karir, studi, bahkan hubungan sosial.
Untuk dapat membangun personal branding, Anda harus menonjolkan kemampuan, keterampilan, dan kreatifitas yang Anda miliki sebagai value dari diri Anda. Hal ini perlu karena di era seperti saat ini orang lain dapat menilai Anda berdasarkan apa yang Anda tunjukan melalui media digital. Bahkan seringkali eksistensi dan reputasi online Anda dijadikan suatu penentu penilaian orang lain terhadap diri Anda. Misalnya, pada media sosial Twitter ataupun Facebook, ada beberapa orang cenderung yang menilai orang lain dari apa yang orang tersebut tulis. Padahal, tidak selalu apa yang ditulis di media sosial adalah cerminan pribadi orang itu yang sebenarnya. Contoh lainnya adalah ketika orang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, beberapa perusahaan memilih untuk mencari tahu tentang orang itu lebih dalam melalui Linked in ataupun media sosial lainnya sebelum akhirnya memutuskan untuk menerimanya bergabung di perusahaan mereka. Oleh karena itu, banyak pihak yang berlomba untuk membangun personal branding agar dapat tampil lebih terpercaya dan profesional.
Selain melalui media sosial, membangun personal branding juga dapat dilakukan melalui website portofolio ataupun CV online. Dengan adanya website seperti ini, Anda dapat menyertakan riwayat hidup, pengalaman kerja, karya, kreativitas, ataupun cerita sukses dari pekerjaan di masa lalu demi membangun sebuah citra diri yang baik dan profesional. Dengan dipublikasikannya informasi tersebut melalui website, pengguna internet dapat melihat kredibilitas Anda melalui karya Anda dan juga untaian pengalaman hebat Anda. Hal ini nantinya akan menghantarkan Anda pada peluang-peluang besar seperti tawaran pekerjaan, endorsement, dan masih banyak peluang lainnya.
Setelah melihat banyaknya keuntungan yang ditawarkan melalui membangun personal branding, adalah pilihan yang tepat bila Anda memulainya sekarang. Tidak perlu ragu bila saat ini Anda tidak memiliki dana yang besar untuk membangun personal branding Anda. Karena membangun personal branding di dunia digital tidak selalu membutuhkan dana yang tinggi. Memang salah satu aset digital terbaik yang dapat mendukung personal branding Anda adalah website, baik website pribadi maupun website perusahaan. Namun, website tentu bukan satu-satunya aset digital yang dapat Anda maksimalkan. Terdapat opsi lain yang dapat Anda lakukan untuk membangun personal branding yang profesional dan kredibel meskipun dengan dana minimum. Caranya yaitu dengan memanfaatkan penyedia website gratis, blog ataupun media sosial sebagai aset digital yang dapat menunjang promosi dan eksistensi Anda di dunia digital.
Apa saja langkah yang diperlukan untuk membangun personal branding ?

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membangun personal branding di dunia digital dengan budget minim:

  • Connector.

    Daftarkan sebuah domain dengan nama yang deskriptif

    Semua upaya yang Anda lakukan untuk membangun personal branding yang profesional dimulai dari langkah ini. Mengapa harus domain? Pada dasarnya, domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer di internet. Dengan domain, Anda akan mendapatkan satu tempat tersendiri yang dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Anda perlu mengklaim sebuah nama domain yang sesuai dan dapat mendeskripsikan citra yang akan Anda bangun. Memilih ekstensi domain yang tepat juga akan menunjang personal branding Anda karena ekstensi domain yang sudah terpercaya dan memiliki taraf internasional akan lebih mudah diingat dan juga mudah di akses oleh seluruh pengguna Internet di dunia. Jadi pilihlah ekstensi domain yang sudah dipercaya oleh dunia selama lebih dari 15 tahun dan menjadi pilihan satu-satunya untuk perusahaan maupun tokoh besar di dunia. Ekstensi domain tersebut adalah .com!
    Ketika orang melihat nama domain Anda, mereka akan membayangkan konten dari aset digital Anda. Misalnya, nama domain yang Anda miliki adalah tulisanseorangibu.com, maka orang yang ingin mengunjungi aset digital Anda akan berekspektasi dapat menemukan cerita-cerita yang ditulis dari sudut pandang seorang ibu. Selain menjadi pemberi kesan pertama pada aset digital Anda, domain juga akan membawa aset digital Anda lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari (search engine). Jadi ketika seseorang mencari situs yang memuat karya tulisan seorang ibu, search engine akan mengarahkannya ke domain milik Anda.

  • Connector.

    Arahkan URL domain Anda ke halaman aset digital Anda

    Setelah menetapkan nama domain Anda, langkah selanjutnya adalah mengarahkan URL domain tersebut ke halaman aset digital yang Anda miliki. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan akun media sosial, blog, ataupun halaman akun bisnis Anda yang ada pada situs terbuka, seperti Tokopedia.com atau BukaLapak.com. Jadi ketika orang mengetikkan domain Anda, maka mereka akan sampai pada halaman aset digital yang telah Anda tetapkan.
    Selain itu, domain akan menjadi investasi bagi eksistensi Anda di dunia digital. Ketika nanti Anda sudah siap untuk membangun website sendiri, Anda dapat menyambungkan domain tersebut ke website Anda dan tetap mempromosikannya dengan nama domain yang sama. Jadi, Anda tidak perlu membangun personal branding dari awal dengan mengulang promosi dengan nama akun yang berbeda.

  • Connector.

    Jadikan aset digital Anda sebagai sumber informasi yang terpercaya

    Baik bila domain Anda digunakan untuk membangun personal branding guna menampilkan kesuksesan pekerjaan Anda sebelumnya, membahas hobi, ataupun memamerkan karya-karya Anda, pastikan konten pada aset digital Anda sudah berisi informasi yang lengkap dan mewakili citra diri yang Anda harapkan. Dengan konten yang menarik dan informatif, juga dengan desain tampilan yang mendukung, orang akan tertarik untuk berkunjung ke aset digital Anda dan bahkan tertarik untuk mengunjunginya berulang kali.

  • Connector.

    Buatlah konten yang menarik

    “Content is a key”. Pernyataan tersebut bukanlah hanya sekedar quote belaka. Dalam membangun personal branding, content atau isi dari sebuah aset digital merupakan salah satu aspek terpenting. Dimulai dari konten, para pembaca akan menilai lebih jauh apakah aset digital Anda relevan dan menarik bagi mereka. Setelah itu mereka akan menentukan apakah di lain waktu mereka akan mengakses halaman itu lagi atau tidak. Oleh karena itu suguhkanlah konten yang sesuai dengan citra yang Anda inginkan, namun tetap menarik dan informatif.

  • Connector.

    Kredit untuk diri Anda

    Agar Anda Anda dapat memberikan kredit untuk diri Anda atas karya ataupun tulisan yang Anda tampilkan di aset digital Anda, sebaiknya konten yang ditampilkan merupakan hasil orisinal kreativitas Anda. Bila karya Anda berupa gambar ataupun foto, Anda dapat memberikan watermark yang sesuai dengan branding Anda. Sehingga saat orang lain melihat foto hasil karya Anda dan melihat signature Anda sebagai Author, orang lain dapat menilai dan mengapresiasi Anda sebagai seseorang yang bertalenta besar. Dengan demikian, personal branding Anda sudah terbangun dengan sendirinya.
    Selain itu, pemberian kredit atas karya Anda juga dapat melindungi karya Anda dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang seringkali mengambil karya orang lain dari Internet kemudian mengklaim karya tersebut adalah miliknya. Jadi, jangan lupa untuk mengamankan karya-karya Anda dengan mencantumkan nama atau logo pribadi Anda sebelum mempublikasikannya di aset digital Anda.

  • Connector.

    Selamat menikmati kesuksesan personal branding Anda!

    Lima langkah di atas sudah cukup untuk membangun personal branding yang profesional dan terpercaya bagi diri Anda. Sekarang, saatnya Anda menikmati momen di mana Anda menjadi sosok yang dikenal dapat menginspirasi banyak orang lewat aset digital Anda. Dan selamat menyambut datangnya peluang baru dari internet, baik untuk pekerjaan maupun usaha yang Anda miliki.