Membangun Sebuah Bisnis Online di Era Digital

dotcomforme Bisnis Online, Business 0 Comments

Membangun sebuah bisnis di era digital seperti saat ini tentu tidak bisa terlepas dari teknologi. Seperti yang kita ketahui, bisnis seringkali dikotakkan menjadi dua tipe, yaitu bisnis online dan bisnis offline. Secara populasi, bisnis offline masih lebih banyak dibandingkan dengan bisnis online. Namun pada tahun 2015 ini, didapati pertumbuhan prospek bisnis online di Indonesia sebesar 60-70%. Angka ini bisa menjadi gambaran tentang besarnya peluang pasar yang dapat diraih melalui internet.
Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membangun sebuah bisnis secara online. Di antaranya adalah efisiensi lokasi dan waktu. Anda dapat menjalankan bisnis dari mana saja selama ada jaringan internet. Dan bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan yang bahkan tinggal jauh dari lokasi di mana bisnis Anda dijalankan. Selain itu, dengan beroperasinya bisnis secara online, langsung maupun tidak langsung, dapat dikatakan bahwa toko Anda buka selama 24 jam setiap hari. Karena calon pelanggan dapat mengakses bisnis Anda kapan pun mereka mau.
Berdasarkan survey kecil Verisign tahun 2013 lalu, 91% konsumen mencari barang dan jasa setempat secara online. Dari data ini dapat dilihat ketertarikan masyarakat untuk berbelanja secara online memang sangatlah besar. Hal ini didorong oleh motivasi konsumen untuk dapat berbelanja secara praktis. Di mana berbelanja online dapat meminimalisasi pengeluaran biaya lain yang harus dikeluarkan jika mereka berbelanja ke toko fisik. Salah satunya adalah biaya transportasi. Selain itu, berbelanja secara online juga dipercaya lebih unggul dalam segi efisiensi waktu. Karena belanja online dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat di sela waktu luang.
Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mulai membangun sebuah bisnis online yang sukses bahkan bila Anda belum siap membuat website untuk bisnis online Anda? Ada dua platform yang dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda, yaitu Marketplace dan Media Sosial.
Anda pasti sudah tidak asing dengan jenis bisnis Marketplace yang saat ini sedang naik daun. Mengutip kutipan dari eMarketer, pasar marketplace atau yang biasa di kenal dengan E-commerce B2C (seperti Tokopedia.com dan Bukalapak.com) di Indonesia memiliki catatan pertumbuhan terbesar di Asia Pasifik, dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga tahun 2017. Data ini membuktikan bahwa bisnis online di marketplace Indonesia merupakan pasar yang memiliki peluang luas sehingga patut untuk Anda coba.
Namun untuk terjun ke marketplace, Anda perlu mengatur strategi pemasaran agar Anda dapat bertahan, bahkan menjadi lebih unggul, daripada kompetitor Anda di marketplace yang sama. Karena saat ini, di satu marketplace saja, sudah ada lebih dari puluhan ribu merchants (akun bisnis online) yang terdaftar di sana. Dengan jumlah bisnis pesaing yang tidak sedikit seperti itu, Anda perlu melakukan inovasi-inovasi lain selain dengan memiliki sebuah akun bisnis di situs marketplace.
Selain di marketplace, Anda juga dapat membangun sebuah bisnis online di media sosial. Biasanya, pada tahap awal para pemilik bisnis memilih untuk membangun sebuah bisnis dengan target konsumen yang tidak jauh dari para relasi dan orang-orang di lingkungan sekitar. Baru setelah itu, mereka akan menyasar ke target konsumen yang lebih luas. Hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik untuk memulai bisnis melalui jaringan media sosial. Dengan beragam jenis media sosial yang ada saat ini, Anda perlu lebih teliti dalam memilih platform media yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis yang Anda miliki. Setelah itu, maksimalkan performa media sosial bisnis Anda dengan memberikan konten yang komprehensif dan kredibel.

Apa kunci keberhasilan membangun sebuah bisnis online di marketplace dan media sosial?

Bagi Anda yang ingin atau sudah memiliki sebuah bisnis berbasis online haruslah tahu bahwa saat ini strategi bisnis online sudah mengalami perubahan. Kunci keberhasilan bisnis online bukan lagi pada “menemukan konsumen” melainkan “ditemukan konsumen”. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang menggunakan domain .com untuk akun marketplace atau media sosial bisnis mereka demi dapat meraih target konsumen sebanyak-banyaknya.

Domain .com untuk bisnis Anda

.com merupakan singkatan dari commercial, yang berarti domain yang ditujukan untuk kegiatan komersil. Termasuk jika Anda ingin membangun sebuah bisnis dengan brand yang telah disiapkan untuk dijual ke pasar digital.
Ekstensi domain .com sudah dipercaya lebih dari 15 tahun oleh hampir seluruh perusahaan-perusahaan maju maupun perusahaan startup yang ada di dunia. Domain .com akan membawa bisnis Anda lebih maju dibanding dengan para kompetitor Anda. Karena dengan menggunakan domain .com untuk akun bisnis Anda, para calon konsumen akan dapat menemukan bisnis Anda melalui hasil pencarian Google maupun melalui ketik langsung di browser mereka. Hal ini tentu lebih mudah daripada harus mencari nama bisnis Anda lewat situs marketplace atau media sosial secara manual. Selain itu, domain .com akan membawa nama bisnis Anda meningkat menjadi lebih profesional dalam membangun sebuah bisnis yang layak untuk dipercaya oleh para konsumen.

Bagaimana cara untuk memanfaatkan domain .com untuk akun bisnis di marketplace dan media sosial?

Kami menganjurkan untuk Anda memiliki domain .com dan juga hosting untuk mendukung performa akun bisnis Anda. Karena dengan domain .com akun Anda akan terkesan lebih profesional dan kredibel. Selain itu, dalam membangun sebuah bisnis online Anda juga memerlukan kontak yang sesuai dengan brand atau slogan bisnis Anda. Sebuah kontak yang dapat dijadikan sebagai media penghubung antara Anda dan konsumen. Dengan memilih produk domain .com dan hosting, Anda dapat memiliki email profesional personal yag sesuai dengan nama domain .com yang Anda miliki. Misalnya, saat Anda memiliki domain dengan nama abcd.com, Anda dapat memiliki email dengan nama info@abcd.com. Email atas nama bisnis Anda merupakan salah satu aspek terpenting dalam membangun sebuah bisnis yang dapat dipercaya oleh konsumen. Karena faktanya, 90% konsumen lebih nyaman berinteraksi dengan UKM yang memiliki email perusahaan dibanding dengan UKM yang masih menggunakan email umum seperti Gmail atau YahooMail!. Pada akhirnya, email bisnis yang sesuai dengan domain bisnis Anda dapat meningkatkan kredibilitas bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis online yang profesional.
Raih eksistensi untuk bisnis online Anda dan mari membangun sebuah bisnis digital yang profesional dan sukses bersama Dot Com For Me. Dapatkan penawaran menarik khusus untuk Anda dengan paket pembelian domain + hosting 1 GB + unlimited email personal .com hanya dengan Rp 200.000,-/tahun