Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Anda

dotcomforme Tips & Trick 0 Comments

Memilih nama domain yang tepat memang bukan hal yang mudah bagi Anda yang ingin membangun personal branding ataupun bisnis online. Faktanya, untuk dapat memilih nama domain yang sesuai kebutuhan Anda dapat  memakan waktu yang cukup lama karena memerlukan  penelitian yang terperinci. Nama domain merupakan impresi pertama yang didapat oleh publik ketika melihat digital asset Anda. Perlu diketahui bahwa nama domain .com tidak hanya dapat digunakan untuk website, tetapi juga bisa untuk redirect link ke  digital asset yang lain seperti Blog, Media Sosial, ataupun akun marketplace –yang saat ini industrinya sedang berkembang sangat pesat di Indonesia. Dengan memilih nama domain yang tepat, Anda dapat melahirkan citra yang tepat pula untuk branding Anda.

Tahukah Anda,  kunci dari eksistensi online terletak pada nama domain. Nama domain identik dengan nama brand ataupun merk. Dalam tahapan memilih nama domain, disarankan untuk memilih nama domain yang sesuai dengan identitas dan citra yang ingin Anda bangun. Misalnya, jika Anda ingin membangun branding untuk bisnis fotografi Anda, Anda dapat menambahkan keyword-keyword yang berhubungan dengan dunia fotografi dalam nama domain Anda.

Rata-rata perusahaan ternama memilih nama domain yang sama seperti nama perusahaan mereka atau slogan visi perusahaan mereka. Contohnya, perusahaan besar seperti Mcdonald’s memilih nama domain www.mcdonalds.com sebagai website utama mereka dan memilih nama domain www.imlovinit24.com  sebagai website penyelenggaraan kampanye yang diadakan oleh pihak Mcdonald’s.

Namun, untuk dapat memiliki nama domain yang sesuai keinginan Anda, Anda harus bergerak cepat. Karena satu nama domain hanya dapat dimiliki oleh satu pihak saja. Jadi, ketika nama domain yang Anda inginkan sudah dimiliki terlebih dahulu dimiliki oleh orang lain, Anda tidak dapat memiliki nama domain yang sama dan harus memilih nama domain alternatif lain untuk dapat Anda gunakan. Hal ini merupakan alasan mengapa Anda harus segera klaim nama domain untuk bisnis atau brand yang Anda miliki.

Lalu, bagaimana ya cara memilih nama domain yang paling tepat untuk branding pribadi ataupun bisnis yang Anda miliki? Simak tips-tips berikut ini ya!

  • Connector.

    Pilih Nama Domain Yang Deskriptif

    Pilihlah nama domain yang dapat mendeskripsikan nama ataupun branding yang ingin Anda bangun. Dengan demikian, publik dapat menerka-nerka apa yang Anda tawarkan melalui digital asset Anda. Adapun salah satu nama domain terbaik adalah nama merk yang Anda miliki. Anda juga dapat memilih nama domain lain seperti branding ataupun campaign dari bisnis Anda.

  • Connector.

    Mudah diingat

    Ya, memilih nama domain yang mudah diingat juga merupakan faktor penting. Tidak perlu takut untuk menggunakan kreativitas dan imajinasi Anda dalam menciptakan nama domain karena diketahui rata-rata panjang nama domain mencapai 13 karakter. Untuk ini, Anda dapat menghubungkan dua kata unik seperti You dan Tube (youtube.com), atau Anda juga dapat menggunakan frasa dan slogan dari produk Anda.

  • Connector.

    Pilih ekstensi domain internasional

    Setelah Anda menetapkan nama domain yang paling sesuai dengan citra Anda, langkah selanjutnya adalah memilih ekstensi domain yang sudah dipercaya secara internasional. Sebaiknya, pilihlah ekstensi domain yang sudah masuk dalam jajaran teratas TLD (Top Level Domain) agar membantu meningkatkan image perusahaan Anda. Ekstensi yang tepat juga dapat membuka peluang awal Anda untuk membangun SEO yang baik bagi website ataupun digital asset yang Anda miliki. Domain .com merupakan pilihan ekstensi domain yang paling tepat bagi Anda. Sebagai standar online global, domain .com merupakan TLD yang sudah dipercaya lebih dari 18 tahun di dunia internet. Ini merupakan alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar di dunia memilih ekstensi domain .com untuk website perusahaan mereka.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk Anda memilih nama domain .com yang paling tepat untuk kredibilitas brand yang Anda miliki. Klaim domain .com Anda sesegera mungkin sebelum nama domain yang Anda inginkan dimiliki oleh orang lain.